Total Tayangan Halaman

Label

Selasa, 23 Agustus 2011

Mulailah dengan kata Bismillah

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Dalam keseharian kita tentunya selalu melakukan kegiatan dan aktivitas, tanpa kegiatan dan aktivitas kehidupan kita akan hampa, hambar dan tidak produktif. Kegiatan tersebut bisa dilakukan dimana saja, di rumah, di kantor, di jalan, di warung, di pasar, di sekolah dan ditempat-tempat lainnya. Dan –bagi orang beriman- kegiatan atau aktivitas adalah sarana menebar kebajikan, baik kata maupun perbuatan selalu memberikan kebaikan pada dirinya dan orang lain. Bukankah Rasulullah saw mengumpamakan jati diri seorang muslim seperti seekor lebah. Makanan yang dimakan adalah baik dan yang dikeluarkan pun baik, lebah hinggap atau tinggal tida
k pernah merusak yang lainnya.

Namun kadangkala kebanyakan dari kita tidak sadar memulai segala aktivitas atau kegiatan tanpa mengucapkan membaca kalimat bismillah, padahal diterima atau tidak amal perbuatan seseorang bergantung pada kalimat tersebut. Begitu banyak lagi aktivitas yang kita lakukan dalam keseharian kita, namun sudahkan kita memulainya dengan bismillah??
Kadang kita menganggap hal tersebut adalah sepele, padahal di sisi Allah merupakan kebaikan yang bernilai besar, diberkahi atau tidaknya perbuatan dan aktivitas seseorang tergantung pada saat memulainya.
Lalu apa keistimewaan dari bismillah sehingga Allah dan Rasul-Nya mensyariatkan kepada kita untuk memulai segala aktivitas, perbuatan dan kegiatan dengan membaca bismillah?
Ayat Basmalah termasuk Surat Al-Fatihah. Hadits, dari ad-Da’ru Quthni dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Jika kalian membaca Surat AI-Fatihah, hendaklah kalian membaca bismillahirahmaanirrahiim, karena ia termasuk ke dalam surat Al-Fatihah. Sedangkan Surat Al-Fatihah terdiri dari 7 ayat, dan bismillahirrahmaanirrahiim termasuk ke dalam saIah satu ayatnya”.
Dalam Hadits Rasulullah saw bersabda, “Setiap pekerjaan yang baik, jika tidak dimulai dengan “Bismillah” (menyebut nama Allah) maka (pekerjaan tersebut) akan terputus (dari keberkahan Allah)”.
Pentingnya menyertakan nama Allah dalam setiap pekerjaan itulah yang membuat Rasulullah saw merasa perlu untuk mengeluarkan pernyataan tertuang dalam sabdanya:
 “Setiap pekerjaan penting yang tidak dibuka dengan bismillahirrahmanirrahim akan terpotong”. (Abu Daud dan Ibnu Majah).
Dalam hadits yang lain, disebutkan bahwa Aisyah Ra berkata:
“Nabi saw selalu menyebut Allah dalam setiap kesempatan”. (Muslim).
Bahkan sejarah kesuksesan dengan basmalah tidak berhenti pada nabi Muhammad saw saja, nilai ini juga telah diwariskan kepada kita, dan potensi untuk menjadi orang yang sukses juga terbuka lebar bagi kita semua.
Bismillah artinya aku memulai kerjaku dengan menyebut nama Allah, atau aku mulai melakukan sesuatu dengan menyebut Allah (bismillah). Kedua makna di atas menunjukkan bahwa bismillah adalah kalimat penting yang mengawali sebuah aktivitas. Bismillah dengan demikian bermakna menyertakan niat karena Allah (lillahi ta’ala) dalam setiap kegiatan. Dengan menyebut namanya di awal, maka pekerjaan tersebut akan berbobot dan bernilai ibadah. Tanpa kata ini kerja seseorang akan kehilangan makna. Dan ketika telah memulai kerja dengan langkah awal yang benar maka akan mengawali pula sukses berikutnya.
Dan tentunya juga, dengan memahami makna bismillah dan mengaktualisasikannya dalam kehidupan sehati-hari, maka sang pelaku diharapkan menyadari konsekuensi dari apa yang dilakukannya; ketika hendak makan misalnya, maka dirinya akan dipandu untuk mengingat adab-adab makan, seperti makan dan minum dengan tangan kanan, makanan yang ada harus dihabiskan untuk mendapatkan berkahnya, makan dan minum secukupnya dan tidak terlalu kenyang, serta hanya makan yang halal dan thayyib, tidak tabdzir, dan membaca doa setelah makan. Begitu pula jika pada saat berpakaian selalu membaca bismillah; maka kita akan ingat dengan adab-adab berpakaian, seperti menutup aurat, tidak sombong dengan pakaian (tidak pamer), dan bersyukur kepada Allah yang telah mengaruniai pakaian. Pada saat keluar rumah lalu membaca bismillah, maka niat bekerja untuk ibadah, memenuhi kebutuhan keluarga, tidak berniat untuk menzhalimi orang lain, tidak akan mengambil harta yang tidak halal dan seterusnya.
Sekarang untuk memulai blog ini dan segala kegiatan dalam kehidupan kita untuk menjadi pribadi yang mulia, mari kita bersama-sama mengucapkan kata BISMILLAH.
Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar